Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres terhadap kecemasan matematika pada siswa SMK jurusan multimedia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket skala stres dan kecemasan matematika yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sampel berjumlah 118 siswa, diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dari total populasi didapatkan 87% responden laki-laki dan 13% responden perempuan. Hasil dari skala stres adalah dari 30 item pernyataan, 23 item valid dan 7 item tidak valid. Hasil dari skala kecemasan matematika dari 29 item pernyataan, 27 item valid dan 2 item tidak valid. Hasil reliabilitas instrumen stres yaitu 0,757 atau reliabel, sedangkan instrumen kecemasan matematika 0,825 atau sangat reliabel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara stres dan kecemasan matematika. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan bahwa stres memberikan kontribusi terhadap kecemasan matematika siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa semakin tinggi tingkat stres yang dialami siswa, maka semakin tinggi pula kecemasan terhadap mata pelajaran matematika yang mereka rasakan.
Copyrights © 2025