Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan melalui penerapan teknik self management dalam layanan konseling kelompok. Disiplin belajar merupakan aspek penting dalam keberhasilan akademik siswa, namun observasi awal menunjukkan adanya indikasi rendahnya disiplin belajar pada sebagian siswa, seperti keterlambatan hadir di sekolaah tepat waktu, kurang aktif dalam pembelajaran, dan kurangnya inisiatif belajar mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Medan yang terindentifikasi memiliki tingkat disiplin belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan catatatan keterlambatan siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diharapkan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam disiplin belajar siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik self management. Teknik self management yang diterapkan meliputi penetapan tujuan belajar, pemantauan diri, evaluasi diri, dan pemberian penguatan diri. Layanan konseling kelompok diharapkan dapat memberikan dukungan sosial dan kesempatan bagi siswa untuk berbagi pengalaman serta belajar strategi self management secara bersama-sama. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis bagi guru bimbingan dan konseling (BK) di SMK Negeri 3 Medan dalam mengembangkan intervensi yang efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dalam bidang yang relevan.
Copyrights © 2025