Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen, digitalisasi, dan penguatan literasi dalam pengelolaan perpustakaan di SMA Labschool Unesa 1. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung dan wawancara mendalam bersama pengelola perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengorganisasian perpustakaan telah dilakukan secara fungsional dengan pembagian tugas yang jelas, meskipun sistem administrasi masih bersifat manual. Klasifikasi koleksi menggunakan sistem Dewey Decimal Classification secara konvensional dan katalogisasi belum terintegrasi secara digital. Dari sisi layanan, perpustakaan menyediakan fasilitas fisik seperti Wifi, AC, dan pojok baca, serta layanan digital melalui aplikasi Kipin School untuk mendukung literasi digital siswa. Program literasi disusun secara inovatif melalui kegiatan membaca sebagai bentuk konsekuensi edukatif dan proyek penulisan buku yang melibatkan kolaborasi antara pustakawan, guru, dan siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun masih terdapat kendala dalam aspek digitalisasi, pihak sekolah menunjukkan komitmen tinggi dalam meningkatkan layanan perpustakaan dan budaya literasi. Pengembangan sistem digital yang terpadu serta pelatihan bagi sumber daya manusia menjadi strategi penting untuk mendukung transformasi perpustakaan menuju pengelolaan yang modern dan efisien.
Copyrights © 2025