Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia
Vol. 2 No. 3 (2025): May

Implementasi Manajemen, Digitalisasi, dan Penguatan Literasi dalam Pengelolaan Perpustakaan di SMA Labschool Unesa 1

Elmi Muljanah (Unknown)
Salma Eka Zeniarda (Unknown)
Najwa Dihan Ramada Balqis (Unknown)
Nur Ardiana Fariza (Unknown)
Hanyra Masitha Firstanda (Unknown)
Rahma Dwi Nur Aini (Unknown)
M. Maulana Finanta (Unknown)
Rezki Nurma Fitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen, digitalisasi, dan penguatan literasi dalam pengelolaan perpustakaan di SMA Labschool Unesa 1. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung dan wawancara mendalam bersama pengelola perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengorganisasian perpustakaan telah dilakukan secara fungsional dengan pembagian tugas yang jelas, meskipun sistem administrasi masih bersifat manual. Klasifikasi koleksi menggunakan sistem Dewey Decimal Classification secara konvensional dan katalogisasi belum terintegrasi secara digital. Dari sisi layanan, perpustakaan menyediakan fasilitas fisik seperti Wifi, AC, dan pojok baca, serta layanan digital melalui aplikasi Kipin School untuk mendukung literasi digital siswa. Program literasi disusun secara inovatif melalui kegiatan membaca sebagai bentuk konsekuensi edukatif dan proyek penulisan buku yang melibatkan kolaborasi antara pustakawan, guru, dan siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun masih terdapat kendala dalam aspek digitalisasi, pihak sekolah menunjukkan komitmen tinggi dalam meningkatkan layanan perpustakaan dan budaya literasi. Pengembangan sistem digital yang terpadu serta pelatihan bagi sumber daya manusia menjadi strategi penting untuk mendukung transformasi perpustakaan menuju pengelolaan yang modern dan efisien.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia (PTK) is a forum for researchers, students, and professionals who want to publish their writing or research. The focus and scope of Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia include: Assessment and Feedback Student Motivation and Engagement Higher ...