Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pendekatan Open Ended berbasis Etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Pendekatan Open Ended yang dipadukan dengan nilai-nilai etnomatematika berfokus pada pemecahan masalah yang memungkinkan siswa untuk menghasilkan berbagai solusi dan cara berpikir, sekaligus mengaitkan konsep matematika dengan budaya lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian yaitu siswa di SMA Negeri 1 Siantar yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diterapkan pendekatan Open Ended berbasis Etnomatematika di kelas X-2, dan kelompok kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional di Kelas X-3. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kreatif dan dianalisis menggunakan uji t untuk melihat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberi perlakuan dengan pendekatan Open Ended berbasis Etnomatematika dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pendekatan ini tidak hanya memperkaya pemahaman matematika siswa, tetapi juga meningkatkan kreativitas mereka dalam memecahkan masalah. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar pendekatan Open Ended berbasis Etnomatematika diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa secara lebih optimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025