Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang abstrak dan sulit, sehingga banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan konsep-konsepnya. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Realistic Mathematic Education (RME) dengan pendekatan gamifikasi terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian bilangan cacah di kelas III SDN Karangtanjung Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis berbentuk uraian, dan data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis menggunakan IBM SPSS 23, diperoleh bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) dari uji Wilcoxon sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan RME dengan pendekatan gamifikasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik.
Copyrights © 2025