Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 2 (2025): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 2 Tahun 2025

Pengaruh Realistic Mathematic Education dengan Pendekatan Gamifikasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Sandria, Fasa (Unknown)
Baalwi, Muhammad Assegaf (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang abstrak dan sulit, sehingga banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami dan menerapkan konsep-konsepnya. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Realistic Mathematic Education (RME) dengan pendekatan gamifikasi terhadap hasil belajar matematika pada materi perkalian bilangan cacah di kelas III SDN Karangtanjung Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis berbentuk uraian, dan data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis menggunakan IBM SPSS 23, diperoleh bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) dari uji Wilcoxon sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan RME dengan pendekatan gamifikasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...