Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis Peran Al-Qur'an dan Hadist sebagai Landasan Pengendalian Pendidikan Moral dalam Pembentukan Karakter Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur. Hal ini melibatkan analisis informasi dan data yang berkaitan dengan kajian strategi pengendalian pendidikan sekolah dari sudut pandang Al-Quran dan Hadits. Berdasarkan studi literatur maka penelitian ini menunjukkan pentingnya menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui kurikulum yang mengintegrasikan ajaran Al-Qur'an dan Hadist. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan pelajaran agama yang mendalam serta kegiatan ekstrakurikuler yang berlandaskan pada ajaran Islam. Penerapan sistem disiplin yang adil dan transparan di sekolah, sesuai dengan prinsip-prinsip yang diajarkan dalam Islam. Dalam konteks ini, guru berperan sebagai teladan yang baik dan mampu memberikan bimbingan yang positif. Serta pentingnya kolaborasi antara orang tua, guru, dan masyarakat dalam menciptakan atmosfer pendidikan yang sehat. Dengan melibatkan semua pihak, diharapkan akan tercipta sinergi yang mendukung pengendalian pendidikan yang lebih baik. Oleh karena itu, pengendalian pendidikan dalam perspektif Al-Qur'an dan Hadist menekankan pada keseimbangan antara pengetahuan, moralitas, dan pengembangan karakter, sehingga menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga berakhlak mulia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025