Penggunaan Bahasa daerah berpengaruh terhadap keterampilan berbahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dampak dari penggunaan Bahasa daerah terhadap keterampilan berbicara, meunulis, dan membaca Bahasa Indonesia di SD 100680 Paolan. Penelitian ini menggunakan model studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui obeservasi dan wawancara dengan guru dan siswa di SD 100680 Paolan. Di sekolah tersebut lebih dominan menggunakan Bahasa daerah dengan persantase sebanyak 50% siswa. Siswa-siswa tersebut mengalami kesulitan dalam tata Bahasa, pelafalan dan struktur kalimat dlam Bahasa Indonesia. Namun, dalam penelitian ini juga ditemukan beberapa strategi pembelajaran yang dapat mengatasi kesulitan tersebut seperti penerapan program bilingual, kolaborasi orang tua dan pihak sekolah dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini yaitu membantu siswa dan guru yang berada dalam lingkungan bilingual dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia.Kata kunci :Bahasa daerah, kemampuan berbahasa, sekolah dasar, bilingualism, strategi pembelajaran 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025