FIKRAH
Vol 5 No 1 (2021): JUNI

HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN PENGAMALAN IBADAH SHOLAT SISWA DI MTS NURUL IHYA KOTA BOGOR

Anjani, Dewi (Unknown)
Priatna, Oking Setia (Unknown)
Mukri, Syarifah Gustiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2021

Abstract

Pendidikan Agama Islam khususnya materi pembelajaran fiqih merupakan usaha yang cukup mapan terarah, untuk menciptakan manusia secara fisik dan psikis yang taat kepada aturan beribadah seorang muslim. Materi pembelajaran fiqih mempunyai peran penting dalam memperbaiki ibadah anak-anak dan mengangkat derajat mereka yang lebih tinggi, serta berbahagia dalam hidup dan kehidupannya, oleh karena itu pendidikan agama harus diberikan mulai sejak dini kepada anak-anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman dan pengamalan Mata Pelajaran Fiqih tentang shalat berjamaah dan untuk mengetahui adanya Hubungan antara pemahaman materi pembelajaran fiqih dengan pengamalan ibadah sholat wajib di Mts Nurul Ihya kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Hubungan Materi pembelajaran Fiqih dengan Praktek Ibadah Shalat (Dzuhur) siswa, diperoleh besarnya rxy 0.56 jika dilihat dari tabel interpretasi maka indeks korelasi yang diperoleh yaitu 0.56 yang terletak antara 0.40-0.70, dilihat dari tabel interpretasi data yang termasuk korelasi sedang atau cukup. Kemudian dengan melihat tabel nilai “r” product moment ternyata dengan df 18, maka dari taraf signifikan 5% diperoleh r tabel 0.3783. Dengan demikian pada taraf signifikan 5% rxy = 0,56 > r tabel 0,3783, berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara Materi Pembelajaran Fiqih dengan pengamalan Ibadah Shalat Siswa di MTs. Nurul Ihya Kota Bogor.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

FIKRAH

Publisher

Subject

Education

Description

Fikrah : Jurnal Pendidikan Agama Islam published twice a year since 2012 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Islamic Education. This journal is published by the Islamic Education Department, Faculty of Islamic Studies, Ibn ...