Literasi matematis merupakan kemampuan menalar secara matematis,merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika untuk menyelesaikan masalahdalam konteks dunia nyata. Penelitian bertujuan mengetahui literasi matematis siswavisual, auditori, dan kinestetik dalam menyelesaikan soal model PISA konten quantitymateri aritmatika sosial. Penelitian berjenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, tes kemampuan literasi matematis,dan pedoman wawancara. Subyek penelitian yaitu 3 siswa dengan gaya belajar visual,auditori, dan kinestetik. Pemilihan subyek berdasarkan metode purposive sampling.Teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan analisis data, diperolehhasil bahwa siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik memenuhi indikator formulate,employ, serta interpret and evaluate, sementara siswa dengan gaya belajar auditori hanyamemenuhi indicator formulate dan employ.
Copyrights © 2025