WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 5 No. 2 (2024)

Persepsi Guru : Penyelenggaraan Pembelajaran Sekolah Dengan Nuansa Alam di Era Merdeka Belajar

Ramadhani, Lailatul Nuzulah (Unknown)
Ariyanto, Fajar Luqman Tri (Unknown)
Yuniar, Dias Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul Persepsi Guru : Penyelenggaraan Pembelajaran Sekolah Dengan Nuansa Alam di Era Merdeka Belajar. Pembelajaran dengan nuansa alam adalah sarana alternatif yang dapat di gunakan pendidik untuk menstimulus perkembangan anak didiknya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memberikan pandangan kepada para pendidik mengenai ke efektifan proses penyelenggaraan pembelajaran dengan nuansa alam dan memanfaatkan lingkungnan sekitar untuk menstimulus perkembangan anak didiknya. Dengan nuansa alam peserta didik dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan leluasa karena mereka terjun langsung ke alam serta mendapatkan stimulus dengan lingkungan yang nyata dan sesuai dengan era merdeka belajar saat ini. Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain pengambilan data menggunakan triangulasi (wawancara, observasi dan dokumentasi). Penelitian ini berdasarkan indikator capaian dari teori Piaget, Vygotsky dan Howard Gardner yakni sikap inkuiri, pembelajaran kolaboratif, pembuatan makna, kecerdasan naturalistik, kecerdasan kinestetik, kecerdasan linguistik, pengalaman langsung dan pemecahan masalah sederhana.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wisdom

Publisher

Subject

Arts Education Social Sciences Other

Description

WISDOM is a journal research published by Department of Early Childhood Islamic Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, the State Islamic Institute of Ponorgo. WISDOM is published regularly in June and December. WISDOM accepts articles with studies related to early childhood education. ...