Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) sebagai upaya meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas V di MIN 1 Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap utama, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Temuan awal menunjukkan bahwa tingkat kemampuan kolaborasi siswa berada pada angka rata-rata 41%, yang mencerminkan rendahnya kebiasaan bekerja sama secara optimal dalam kelompok. Kemampuan kolaborasi dievaluasi melalui empat indikator utama: kerja sama, saling menghargai, partisipasi aktif, dan komunikasi efektif. Proses validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang tinggi, dengan skor validasi materi sebesar 90% dan validasi media mencapai 95%. Implementasi LKPD berbasis RADEC dalam pembelajaran menunjukkan efektivitas yang signifikan, dengan peningkatan rata-rata capaian kemampuan kolaborasi siswa menjadi 91%. Peningkatan ini mencerminkan perbaikan yang nyata dalam aspek kerja tim, penghargaan terhadap pendapat anggota kelompok, partisipasi aktif, serta interaksi yang produktif antar siswa. Dengan demikian, LKPD berbasis model RADEC layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran inovatif yang mendukung penguatan keterampilan kolaboratif siswa dalam menjawab tantangan pembelajaran abad ke-21.
Copyrights © 2025