Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar
Vol 12 No 1 (2025): Juni 2025

Dampak Penggunaan Media PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika: Studi Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar

Aufa, Sayyid (Unknown)
Ismatullah, Ismatullah (Unknown)
Dayurni, Popi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media PowerPoint interaktif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi satuan waktu di kelas III SD IT Tamaddun Kota Cilegon. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran matematika, yang antara lain disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kognitif anak usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimental dan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yang masing-masing berjumlah 50 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (pre-test dan post-test). Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media PowerPoint interaktif memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Temuan ini juga menggarisbawahi pentingnya peningkatan kompetensi guru dalam merancang media pembelajaran digital yang inovatif dan responsif terhadap perkembangan teknologi, guna menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan, partisipatif, dan bermakna di jenjang pendidikan dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ibtidai

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

IBTIDA’I merupakan Jurnal hasil penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. ...