Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 11 No 5.B (2025): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii 1 Smp Negeri 10 Palembang Pada Materi Menyimak Teks Deskripsi Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

Zahara, Audi (Unknown)
Fitriani, Yessi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas pada penelitian ini adalah mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII 1 SMP Negeri 10 Palembang pada materi menyimak teks deskripsi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas VII 1 SMP Negeri 10 Palembang yang rendah karena kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik, sulit memahami materi, dan penggunaan media ajar yang monoton. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pra-siklus dan dua siklus. Tahapan penelitian ini berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data berupa lembar soal tes, dan LKPD. Teknik analisis data berupa analisis hasil belajar peserta didik. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 43,88% pada pra-siklus, 60,55% siklus I, dan pada 86,66% pada siklus II.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...