Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 11 No 5.D (2025): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Picture And Picture Terhadap Kemampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Xi Sman 1 Ciruas Tahun Pelajaran 2023/2024

Hairira, Offerina Diva (Unknown)
Sobri, Sobri (Unknown)
Devi, Ade Anggraini Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini meningkatkan keterampilan siswa kelas XI SMAN 1 Ciruas untuk menulis teks eksplanasi, yang saat ini menghadapi tantangan dalam menyusun teks eksplanasi dengan baik. Mengingat krusialnya keterampilan ini, penulis memilih untuk menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dan Picture and Picture. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, mengadopsi desain pretest-posttest control group design. Sampel ditentukan dengan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan melalui tes menulis teks eksplanasi, baik sebelum (pretest) maupun sesudah (posttest), pada kedua kelompok, dengan instrumen penilaian mencakup aspek seperti organisasi isi, tata bahasa, gaya penulisan, pilihan kosakata, dan ejaan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa model Think Pair Share menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata pretest naik dari 63,45 menjadi 86,94 pada posttest. Sebaliknya, model Picture and Picture menunjukkan peningkatan dari rata-rata pretest 60,97 menjadi 79,02. Ketika membandingkan hasil posttest, model TPS unggul dengan selisih 7,92 poin.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...