Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Speaking Skill) Bahasa Inggris Menggunakan Metode Bermain Peran (Role Play) Pada mahasiswa tk 1 keperawatan (Penelitian Tindakan Kelas di DIII Keperawatan Kampus B Curup Poltekkes Kemenkes Bengkulu Tahun 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa menggunakan metode bermain peran (role play) di Tk 1 Keperawatan Curup, Rejang Lebong Penelitian ini dilaksanakan di Keperawatan Curup Kampus B Rejang Lebong Bengkulu khususnya di tingkat 1 Keperawatan . Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian pada setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi ini menunjukkan bahwa diperoleh data yaitu pada akhir siklus I presentase keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa mencapai nilai rata-rata sebesar 66,2%. Pada akhir siklus II presentase nilai rata-rata keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan menjadi 82,7%. hasil penelitian ini adalah metode bermain peran (role play) dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasisa khususnya pada mahasiswa perguruanTinggi. Katakunci : Metode Role Play, Keterampilan Berbicara, Mahasiswa Perguruan Tinggi
Copyrights © 2025