Pendidikan Jasmani memiliki peran krusial dalam mengembangkan kesehatan tubuh, keterampilan sosial, serta membentuk karakter siswa yang positif. Melalui kegiatan fisik yang dirancang secara sistematis, peserta didik tidak hanya memperkuat kondisi fisik mereka, tetapi juga menumbuhkan sikap disiplin dan kemampuan untuk beradaptasi. Salah satu komponen utama dalam pendidikan jasmani adalah kebugaran jasmani, yaitu kecakapan individu dalam menyelesaikan aktivitas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan, sambil tetap memiliki cadangan energi untuk kebutuhan yang mendesak. Tingkat kebugaran fisik yang baik turut mendukung peningkatan kualitas hidup dan keseimbangan kesehatan mental serta emosional. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat kebugaran jasmani antara siswa yang berada di kawasan Perkotaan dan siwa di kawasan aliran Sungai Kahayan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian studi kompratif. Sehingga pada penelitian ini, peneliti membandingkan suatu kelompok dengan kelompok yang lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa lingkungan tempat tinggal berperan penting dalam membentuk tingkat kebugaran jasmani siswa. Siswa yang bersekolah di daerah aliran Sungai Kahayan menunjukkan kinerja kebugaran yang lebih unggul dibandingkan siswa yang bersekolah di kawasan perkotaan.
Copyrights © 2025