Latar belakang penelitian ini banyaknya siswa yang memperoleh nilai dibawah dari KKTP yang telah ditetapkan sekolah, terutama pada pelajaran matematika. Ini menyatakan banyak yang mendapat hasil belajar kurang maksimal sehingga capaian numerasinya juga tidak maksimal. Guru juga tidak maksimal menerapkan metode pembelajaran dan masih cenderung menerapkan model konvensional. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL pada capaian numerasi siswa kelas VB SDN Bendungan Semarang serta melihat perbedaan rata-rata nilai siswa kelas VB SDN Bendungan Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Designs dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VB SDN Bendungan Semarang sebanyak 28. Teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan uji normalitas awal dan akhir, uji beda rata-rata, uji ketuntasan hasil belajar secara klasikal, uji Paired Sample Test. Pada uji beda rata-rata dengan taraf signifikan 5%, perbedaan rata-rata nilai yang diperoleh setelah menerapkan model PBL lebih besar dari nilai sebelum menerapkan model tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025