Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Vol 7, No 1 (2025)

Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Kurir Priority Cargo and Package (PCP) di Banda Aceh

Putri, Geubrina (Unknown)
Ruaida, Ruaida (Unknown)
Anggraini, Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan jasa kurir Priority Cargo and Package (PCP) di Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan angket kepada 44 pelanggan PCP. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert untuk mengukur kualitas pelayanan berdasarkan dimensi keandalan, wujud fisik, ketanggapan, jaminan, dan empati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan jasa kurir PCP di Banda Aceh secara keseluruhan dinilai sangat baik dengan rata-rata skor 87,98. Dari kelima dimensi kualitas pelayanan, dimensi keandalan memperoleh rata-rata skor tertinggi, yaitu 90,25, sementara dimensi wujud fisik memperoleh rata-rata skor terendah, yaitu 86,6, meskipun masih dalam kategori sangat baik. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar PCP terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanannya, terutama pada aspek wujud fisik, untuk memenuhi kepuasan dan loyalitas pelanggan di Banda Aceh.Keywords: Kualitas Pelayanan, Jasa Kurir, PCP

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendidikan-ekonomi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (JIMPE) offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. Jurnal ...