ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi memperbaiki hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 084081 Sibolga. Kurangnya pemahaman dan variasi penerapan pembelajaran siswa dapat dilijat dari hasil belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menyarankan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran contextual teaching and learning. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dengan sampel 15 orang serta menggunakan teknik pengambilan data simple random sampling dari 83 siswa. Observasi dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Berdasarkan analisis dapat ditemukan a. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan model contextual teaching and learning adalah 53,33 dengan kategori kurang dan b. Rata-rata hasil belajar sesudah menggunakan model contextual teaching and learning adalah 85,33 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil perhitungan data statistic menggunakan uji t (SPSS 22), hasilnya menunjukkan nilai signifikan thitung>ttabel dengan diperoleh nilai uji t 3,091>1,761. Hal ini berarti terdapat pengaruh signifikan penggunaan model contextual teaching and learning pada mata pelajaran ips materi bencana alam terhadap hasil belajar siswa kelas v di SD Negeri 084081 Sibolga.
Copyrights © 2025