Penelitian ini membahas mengenai bagaimana cara guru dalam menumbuhkan konsentrasi dan semangat belajar siswa melalui kegiatan ice breaking yang dilaksanakan selama pembelajaran di kelas berlangsung. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang terlihat jenuh saat guru memaparkan materi. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara bersama guru kelas 1 di UPTD SD Negeri Kraton 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya kegiatan ice breaking yang dilakukan oleh guru kelas 1 UPTD SD Negeri Kraton 1 mendapatkan respon positif dari siswa, yaitu siswa menjadi lebih fokus pada pembelajaran dan siswa berminat untuk memperhatikan penjelasan materi dari guru, sehingga semangat belajar siswa meningkat. Meskipun ice breaking yang diterapkan seringkali menghadapi berbagai kendala, namun adanya perencanaan serta kecakapan guru dalam pengalihan perhatian siswa, menjadikan hal tersebut dapat teratasi dengan baik.
Copyrights © 2025