Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

PENGGUNAAN METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA DENGAN LEARNING DISABILITY KELAS 9 DI SMP NEGERI 278 JAKARTA

Asshifa, Zahra Rahma (Unknown)
Pratama, Toni Yudha (Unknown)
Mulia, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini disusun dengan dilatarbelakangi oleh keadaan siswa yang diidentifikasi kesulitan belajar belum mengenal huruf abjad, belum dapat membaca suku kata dan belum dapat membaca kata maupun kalimat dengan lancar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak kesulitan belajar dengan metode suku kata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen menggunakan penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) dengan analisis dalam dan antar kondisi. Hasil yang didapatkan yaitu setiap fase pada penelitian ini mengalami grafik yang selalu meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan mean level pada fase baseline- 1 (A1) sebesar 78,6%, pada fase intervensi (B) sebesar 86,6% dan pada fase baseline- 2 (A2) sebesar 84,1%. Maka dapat dikatakan bahwa penggunaan metode suku kata ini dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan kesulitan belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...