Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD NEGERI 65 PEKANBARU

Ade Lia, Stevani (Unknown)
Marhadi, Hendri (Unknown)
Antosa, Zariul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri 65 Pekanbaru. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai kriteria minimal 70 sesuai dengan Kurikulum Merdeka, serta penggunaan metode ceramah yang membuat siswa kurang terlibat aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen, melibatkan 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata pretest (52,96) dan posttest (72,5) di kelas eksperimen. Uji t menunjukkan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa model Reciprocal Teaching berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...