Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

PENGARUH PENGGUNAAN CERITA RAKYAT SEBAGAI STIMULUS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Sihombing, Vera Ironita Christiani (Unknown)
Tampubolon, Sutar Oktaviana (Unknown)
Marbun, Melpa Br (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan Pre-Experimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD UPT SPF SDN 106168 Desa Deli Tua, yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian berupa pretest dan posttest keterampilan menulis narasi. Data dari kedua tes tersebut dianalisis menggunakan software SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh simpulan hasil keterampilan menulis narasi sebelum menggunakan cerita rakyat tergolong rendah, dengan rata-rata nilai sebesar 60.50. Kemudian setelah diberikan perlakukan dengan cerita rakyat, hasil keterampilan menulis narasi siswa meningkat secara signifikan, dengan rata-rata nilai mencapai 83.50. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan cerita rakyat sebagai stimulus terhadap peningkatan hasil keterampilan menulis narasi siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...