Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Edisi Mei 2025

EDUKASI MULTIKULTURAL DALAM TRADISI RUWAH DESA: STUDI ETNOPEDAGOGIK DI SIDOARJO

Pangestuningtyas, Dwi (Unknown)
Widodo, Wahono (Unknown)
Gunansyah, Ganes (Unknown)
Mariana, Neni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Ruwah Desa merupakan tradisi lokal yang masih dilestarikan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Sidoarjo. Tradisi ini berfungsi sebagai penghormatan kepada leluhur melalui doa bersama dan kegiatan budaya yang mencerminkan nilai sosial seperti solidaritas dan gotong royong. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Ruwah Desa sebagai media edukasi multikultural dengan pendekatan etnopedagogik. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi, melibatkan wawancara semi-terstruktur dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ruwah Desa menanamkan nilai toleransi, inklusivitas, dan pewarisan budaya lintas generasi. Meskipun menghadapi modernisasi, tradisi ini tetap relevan melalui strategi adaptasi seperti dokumentasi digital dan keterlibatan komunitas. Studi ini menegaskan pentingnya integrasi kearifan lokal dalam pendidikan untuk memperkuat identitas budaya dan kohesi sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...