Resona : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat
Vol 9, No 1 (2025): Inpress

PENGUATAN KAPASITAS GURU PAUD DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL: STRATEGI ADAPTASI DAN INOVASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Iswadi, Iswadi (Unknown)
Iriansyah, Herinto Sidik (Unknown)
Anom, Erman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini dikemas dalam bentuk seminar berjudul “Tantangan Guru PAUD di Era Digital”.  Tujuan dari program tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas Guru PAUD dalam menyelenggarakan pembelajaran yang adaptif dan inovatif di era digital saat ini. Metode yang digunakan yaitu pelatihan berbentuk ceramah, evaluasi serta diskusi dalam upaya pencarian solusi terhadap ragam persoalan pendidikan yang bersinggungan dengan teknologi digital. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan efektif dan membantu Guru PAUD dalam memahami urgensi dari penerapan teknologi digital dan strategi penggunaannya dalam pembelajaran. Selain itu, dari penelitian ini, maka Guru PAUD perlu menyadari tentang penting peran kolaborasi bersama orang tua guna mengawasi akses teknologi anak, baik di sekolah atau di rumah. Sehingga demikian, penelitian ini berkontribuasi dalam kajian pembelajaran dan perkembangan teknologi di dalamnya.Abstract. This community service program is packaged in the form of a seminar entitled "Challenges of PAUD Teachers in the Digital Era". The purpose of the program is to improve the ability and capacity of PAUD Teachers in organizing adaptive and innovative learning in the current digital era. The methods used are training in the form of lectures, evaluations and discussions in an effort to find solutions to various educational problems that intersect with digital technology. The results show that the activities are effective and help PAUD Teachers understand the urgency of implementing digital technology and strategies for using it in learning. In addition, from this study, PAUD Teachers need to be aware of the important role of collaboration with parents to supervise children's access to technology, both at school and at home. Thus, this study contributes to the study of learning and the development of technology in it.

Copyrights © 2025