Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi

Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Video Tutorial untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar

Mubarok, Al Munawir (Unknown)
Gary Ganda Tua Sibarani , Choms (Unknown)
Zainal , Andri (Unknown)
Ramdhansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AKL 2 SMKN 1 Kabanjahe pada mata pelajaran akuntansi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dikombinasikan dengan media video tutorial. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dua siklus dengan data diperoleh dari observasi dan tes. Hasil menunjukkan peningkatan motivasi dari 22,22% pada siklus I menjadi 85,18% di siklus II. Nilai rata-rata juga meningkat dari 59,63 (pre-test), 74,96 (post-test I), menjadi 88,14 (post-test II), dengan ketuntasan 100%. Temuan ini memperkuat teori konstruktivisme sosial yang menekankan peran kolaborasi dalam pembelajaran. Secara praktis, guru disarankan menerapkan model ini sebagai alternatif pembelajaran interaktif dan efektif, terutama untuk materi kompleks.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...