JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Vol. 13 No. 1 (2025): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Perbedaan Hasil Belajar Fisika Materi Usaha Dan Energi Melalui Experiential Learning Berbasis Video dengan Pembelajaran Konvensional

Nisra, Nisra (Unknown)
Saehana, Sahrul (Unknown)
Paramita, Ielda (Unknown)
Adi Untara, Ketut Alit (Unknown)
Ratnaningtyas, Delthawati Isti (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika materi usaha dan energi melalui experiential learning berbasis video dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan quisi-eksperimen desain nonequivalent pretest-postest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA,  sampel penelitian yang terdiri dari 30 siswa di kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 0,05 untuk uji t diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Nilai sig. (2-tailed) 0,05 artinya H1 diterima. Hasil perhitungan uji N-Gain menunjukkan nilai kelas eksperimen sebesar 71,99% termasuk kriteria cukup efektif dan kelas kontrol sebesar 46,07% termasuk kriteria kurang efektif. Hasil penelitian pembelajaran fisika menggunakan strategi model pembelajaran experiential learning dan konvensional untuk hasil belajar pada materi usaha dan energi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar terhadap pengaruh model pembelajaran experiential learning yang cukup efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 pasangkayu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpft

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

The Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online is a peer-reviewed journal published three times a year (April, August, and December) by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tadulako. The journal serves as a communication platform for researchers, ...