Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 6 No. 4 (2025): Journal on Teacher Education

Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Mirit Kebumen

Faizah, Nur (Unknown)
Rizkia Pangestika, Rintis (Unknown)
Ratnaningsih, Arum (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perubahan wujud benda kelas iv sdn mirit kebumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi dan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mirit Kebumen pada materi perubahan wujud benda. Penelitian dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi berjalan lancar. Siswa dikelompokkan berdasarkan hasil asesmen diagnostik kognitif, lalu menyelesaikan proyek sesuai diskusi yang telah dilakukan. Hal ini membantu siswa lebih memahami materi. Keterlaksanaan pembelajaran meningkat dari 66% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Rata-rata nilai siswa juga meningkat dari 62,30% pada siklus I menjadi 91,30% pada siklus II. Dengan demikian, strategi pembelajaran berdiferensiasi efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...