BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol. 6 No. 2 (2024): BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi

Pengembangan Majalah Pembelajaran Biologi Berbasis Etnobotani Makanan Khas Tradisi Saulak Pernikahan Suku Mandar, Banyuwangi

Dea, Eva Aprillia (Unknown)
Utomo, Agus Prasetyo (Unknown)
Afrida, Indah Rakhmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Sumber belajar di era perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sangat penting dikembangkan sebagai sumber belajar yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan adalah mengembangkan majalah biologi sebagai sumber belajar yang valid dan kreatif berbasis etnobotani makanan khas Tradisi Saulak pernikahan Suku Mandar Banyuwangi. Metode penelitian adalah  Research & Development (R&D) yang merupakan model penelitian yang menghasilkan produk atau media untuk mengembangkan dan menguji keefektifan produk. Tahapan yang dilakukan dalam pengembangan sumber belajar berbasis majalah biologi adalah tahapan potensi & masalah, tahapan pengumpulan data, tahapan desain, dan tahapan validasi produk. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah majalah pembelajaran biologi Keanekaragaman Hayati Tumbuhan. Hasil validasi menunjukan bahwa majalah yang dikembangkan memperoleh kategori “sangat layak” tanpa revisi (97%) oleh validator ahli materi, kategori “sangat layak” tanpa revisi (90%) oleh validator ahli media, dan kategori “sangat layak” tanpa revisi (90%) oleh validator pengguna. Hasil rata-rata dari ketiga validator adalah 92,3% dengan kategori “sangat layak” tanpa revisi, sehingga Majalah Pembelajaran Biologi “Keanekaragaman Hayati Tumbuhan Berbasis Penelitian Etnobotani Makanan Khas Tradisi Saulak Pernikahan Suku Mandar Banyuwangi” berpotensi dimanfaatkan dalam pembelajaran Biologi Kelas X SMA materi keaneakaragaman hayati.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy

Description

BIO-CONS : Jurnal Biologi dan Konservasi, receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology and conservation education, also utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, ...