BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol. 6 No. 2 (2024): BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi

Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Media Pop Up Book Dilengkapi LKS Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa XI IPA SMA Muhammadiyah Waingapu

Lapir, Dian Irawati Kabeba (Unknown)
Makaborang, Yohana (Unknown)
Enda, Riwa Rambu Hada (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbantuan media Pop Up Book dilengkapi  LKS Word Square pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam kegiatan pra siklus, siklus I dan siklus II dengan jumlah siswa 25 orang. Peningkatan ranah kognitif siswa yang tuntas pada tahap pra siklus mencapai 28%, siklus I dengan nilai rata-rata 69,4 dan jumlah siswa yang tuntas 64% dan tidak tuntas 36%, dan siklus II dengan nilai rata-rata 82,8 siswa yang tuntas  mencapai 88% dan tidak tuntas 12%. Pada ranah afektif  tahap siklus I predikat tinggi 5 orang, predikat sedang 15 orang, predikat  rendah 5 orang dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 23 orang predikat tinggi, predikat sedang 2 orang. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model  Jigsaw Jigsaw berbantuan media Pop Up Book dilengkapi LKS Word Square  untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah Waingapu  berhasil.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy

Description

BIO-CONS : Jurnal Biologi dan Konservasi, receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology and conservation education, also utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, ...