BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol. 6 No. 2 (2024): BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi

Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Menggunakan Media Wordwall pada Siswa Kelas VIIIB di SMPT Madinatul Ulum pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Waris, Waris (Unknown)
Hidayati, Ainun Zahro (Unknown)
Putri, Hanif Rafika (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Wordwall adalah sebuah media game yang ada di website dan menarik. Media ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran, sumber belajar siswa, dan dapat melatih kemampuan berpikir peserta didik, sehingga peserta didik merasa senang dan tidak merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berupa wordwall. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMPT Madinatul Ulum Cangkring, Jenggawah dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2024. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar pada siswa. Peningkatan hasil dan minat belajar siswa, tampak pada nilai ketuntasan minat belajar siswa tahap pra siklus yaitu 50,29%, dan nilai ketuntasan klasikal hasil belajar siswa tahap para siklus sebesar 34,88%,  nilai ini sangat jauh dari nilai ketuntasan klasikal sekolah yang sudah ditetapkan yaitu 75%. Setelah penggunaan media pembelajaran berupa wordwall pada siklus satu, ketuntasan minat belajar siswa meningkat menjadi 76,27% begitu pula hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan menjadi 76,74%. Salah satu sebab meningkatnya minat dan hasil belajar siswa karena tampilan yang disediakan oleh wordwall menarik dan tidak monoton, sehingga membuat pembelajaran lebih menarik dan membuat siswa antusias dan semangat selama pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy

Description

BIO-CONS : Jurnal Biologi dan Konservasi, receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology and conservation education, also utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, ...