DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan
Vol 8, No 1 (2025): Juni 2025

Peran Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas V di SDK Tongkat Harun Tesabela

Listio, Siani (Unknown)
Doy, Wihelmina (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2025

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk membentuk generasi muda yang memiliki sikap, perilaku, dan kualitas hidup yang lebih baik. Pada penelitian ini, peneliti mengamati peran guru dalam meningkatkan minat belajar anak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di kelas V SDK Tongkat Harun Tesabela dimana  guru Pendidikan Agama Kristen kurang menerapkan strategi pembelajaran di kelas dan guru lebih aktif di kelas tanpa melibatkan siswa. Guru sudah mengetahui strategi pembelajaran yang tepat namun hanya dalam pembelajaran kebanyakan menggunakan metode ceramah saja sehingga membuat siswa menjadi bosan, malas belajar dan tidak tertarik belajar karena tidak memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya. Berdasarkan penelitian ini, peneliti dapat merumuskan masalah sebagai berikut. Bagaimana peran strategi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas V SDK Tongkat Harun Tesabela? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah triangulasi, yakni: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan data yang ada dan triangulasi untuk menguji kebenaran sebuah penelitian. Adapun objek penelitiannya adalah peserta didik kelas V SDK Tongkat Harun Tesabela. Melalui hasil penelitian, strategi pembelajaran kontekstual sangat membantu merangsang minat belajar siswa, karena pembelajaran yang menyenangkan membuat siswa belajar lebih aktif  dan antusias, serta materi yang disampaikan guru  mudah dipahami siswamelalui penerapan strategi pembelajaran kontekstual. Peneliti menyimpulkan bahwa peran strategi pembelajaran kontekstual sangat penting untuk meningkatkan minat belajar peserta didik karena guru lebih kreatif mengajar dan pembelajaran lebih menyenangkan sehingga hal ini dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

didaktikos

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Aim and Scope DIDAKTIKOS adalah: Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Pendidikan Agama Kristen di Gereja Manajemen Pendidikan Kristiani Pendidikan Kristen dan Media Pembelajaran Pendidikan Kristiani dan Evaluasi ...