Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 2 (2025): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Pada Episode Rafathar Ketemu Perancang Masjid Istiqlal

Iftidiani, Diva (Unknown)
Prasetyo, Teguh (Unknown)
Muhdiyati, Iyon (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi digital menghadirkan tantangan yang signifikan dalam pendidikan karakter bagi siswa SD. Paparan tontonan digital yang intens berpotensi memicu krisis moral dan krisis nilai karakter. Guru dapat menggunakan film animasi sebagai media pendukung untuk menanamkan karakter pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara film animasi “Lorong Waktu Si Aa, episode Rafathar Ketemu Perancang Masjid Istiqlal” menyampaikan nilai-nilai profil pelajar Pancasila (PPP), untuk mengetahui nilai-nilai PPP yang ada pada episode Rafathar Ketemu Perancang Masjid Istiqlal dan untuk menganalisis perbendaharaan kata yang berkaitan dengan PPP pada episode “Rafathar Ketemu Perancang Masjid Istiqlal”. Metode analisis ini atau analisis konten (John Fiske) beserta pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Sehingga penelitian ini membahas dengan mendalam isi suatu informasi yang tertulis atau tercetak dalam media massa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat nilai-nilai PPP dalam episode “Rafathar Ketemu Perancang Masjid Istiqlal” meliputi beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong dan kreatif. Episode “Rafathar Ketemu Perancang Masjid Istiqlal” menyampaikan nilai-nilai PPP melalui berbagai tanda atau kode seperti melalui kode kelakuan, dialog, karakter tokoh dan sebagainya. Selain itu, ditemukan adanya beberapa kosakata yang berkaitan dengan nilai PPP pada episode “Rafathar Ketemu Perancang Masjid Istiqlal”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...