ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya guru tahfizh dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa di Ma’had Tahfizh Uswah Hasanah Ciledug Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa hambatan yang dihadapi oleh guru tahfizh, yaitu 1). kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur'an dan 2). Adanya rasa malas di kalangan siswa. Di sisi lain, terdapat faktor pendukung dalam proses peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur'an, yaitu 1). Pembagian kelompok tahfizh sesuai dengan kemampuan siswa, 2). Peran aktif dari kepala sekolah, dan 3). Adanya program kajian dari Ma’had. Upaya yang dilakukan oleh guru tahfizh dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an siswa meliputi: 1). Memberikan motivasi kepada siswa melalui pujian, penghargaan, dan nasihat untuk mendorong semangat mereka dalam menghafal, 2). Membimbing siswa untuk melakukan muraja’ah, yaitu pengulangan hafalan agar hafalan tetap kuat dan 3). Memperhatikan ayat yang akan dihafal untuk memastikan tidak ada kesalahan saat penyetoran hafalan. Dengan pendekatan ini, diharapkan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur'an dapat terus meningkat.Kata Kunci: Menghafal Al-Qur’an, Upaya Guru, Kemampuan Siswa
Copyrights © 2025