Jurnal Literasiologi
Vol 13 No 2 (2025): Jurnal Literasiologi

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DALAM KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SKI DI MIN 4 REJANG LEBONG

Irama, Debi Irama (Unknown)
Kristina, Epa (Unknown)
Wanto, Deri (Unknown)
Idris, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama, mengetahui motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran SKI dalam kurikulum merdeka. Kedua, mengetahui hasil belajar peserta didik pada pembelajaran SKI. Ketiga, mengetahui pengaruh motivasi belajar dalam kurikulum merdeka terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran SKI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi sebanyak 35 dan sampel semua populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, Motivasi Belajar dalam Kurikulum Merdeka pada pembelajaran SKI di MIN 4 Rejang Lebong, siswa-siswi yang memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi dengan skor 300, dengan persentase 34%, motivasi belajar tinggi dengan skor 404, dengan 46%, motivasi belajar sedang dengan skor 143, dengan 22%, motivasi belajar rendah dengan skor 28, dengan 3% dan motivasi belajar sangat rendah dengan skor 0, dengan persentase 0%. Kedua, hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran SKI di MIN 2 Rejang Lebong, bahwa 31% memiliki hasil belajar sangat baik, 38% memiliki hasil belajar baik, 26% memiliki hasil belajar cukup, 5% memiliki hasil belajar kurang dan 0% siswa-siswi dalam pembelajaran SKI memiliki hasil belajar sangat kurang. Ketiga, Terdapat pengaruh dari model Problem based learning (PBL) dalam Kurikulum Merdeka terhadap Keterampilan Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI di SMAN 2 Rejang Lebong, dengan nilai rhitung > rtabel atau 0.409 > 0.334, dan hasil uji-t yakni 1,544, dengan signifikan 0,132.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...