Jurnal Literasiologi
Vol 13 No 2 (2025): Jurnal Literasiologi

Pembelajaran Kolaboratif dalam Perspektif Neurosains dan Implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam di SD 91 Rejang Lebong

Marinda, Aflia Bela (Unknown)
Nasution, Aida Rahma (Unknown)
Sari, Dewi Purnama (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Pembelajaran kolaboratif adalah pendekatan aktif yang mendorong keterlibatan siswa melalui kerja kelompok untuk memperdalam pemahaman materi secara intensif. Strategi ini dirancang agar kerja sama lebih efektif dan kegagalan diminimalkan, terutama dengan membentuk kelompok kecil pada tahap awal. Seiring berkembangnya keterampilan sosial, siswa dapat bekerja dalam kelompok yang lebih besar. Keterlibatan rutin dalam kelompok terbukti lebih efektif dan perlu bimbingan aktif dari guru. Penelitian ini mengkaji pembelajaran kolaboratif dari perspektif neurosains dan implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Hasilnya menunjukkan bahwa metode ini mengaktifkan bagian otak yang terkait dengan emosi dan hubungan sosial, meningkatkan partisipasi, memori jangka panjang, serta empati. Dalam konteks PAI, pendekatan ini mendukung internalisasi nilai-nilai Islam melalui interaksi sosial, dan integrasinya dengan neurosains memperkuat efektivitas serta kedalaman spiritual pendidikan agama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...