Instruktur: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 4 No 2 (2025): INSTRUKTUR

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK

Nurfadillah, Syifa (Unknown)
Husni, Rahmatul (Unknown)
Yono, Yono (Unknown)
Ramadhan, Syahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, efktivitas serta faktor yang mempengaruhi pembelajaran kita Ta’limul Muta’allim dalam meningkatkan akhlakul karimah santri. Kitab Ta’limul Muta’allim adalah salah satu rujukan yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai moral. Latar belakang penelitian ini untuk membentuk peserta didik yang berakhlakul karimah sesuai dengan tujuan pendidikan islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim yang dilaksanakan satu minggu sekali memberikan dampak positif terhadap peningkatan akhlakul karimah peserta didik. Efektivitas pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dipengaruhi oleh metode pembelajaran, lingkungan pesantren serta pengawasan dan keteladanan yang diberikan oleh para ustadz ustadzah di pesantren

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

instruktur

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

INSTRUKTUR: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang diterbitkan dua kali dalam setahun (November dan Mei), adalah jurnal yang mengkhususkan diri dalam Studi pendidikan dasar. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Redaksi menyambut para sarjana, ...