Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, efktivitas serta faktor yang mempengaruhi pembelajaran kita Ta’limul Muta’allim dalam meningkatkan akhlakul karimah santri. Kitab Ta’limul Muta’allim adalah salah satu rujukan yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai moral. Latar belakang penelitian ini untuk membentuk peserta didik yang berakhlakul karimah sesuai dengan tujuan pendidikan islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim yang dilaksanakan satu minggu sekali memberikan dampak positif terhadap peningkatan akhlakul karimah peserta didik. Efektivitas pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim dipengaruhi oleh metode pembelajaran, lingkungan pesantren serta pengawasan dan keteladanan yang diberikan oleh para ustadz ustadzah di pesantren
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025