Buhuts Al Athfal : Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini
Vol 5, No 1 (2025)

Analisis Pemberian Reward Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini

Afriliani, Dwi (Unknown)
Tanjung, Rahmadani (Unknown)
Dalimunthe, Efrida Mandasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak pembelajaran berbasis hadiah, khususnya hadiah bintang, terhadap motivasi anak kelompok B3 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode observasi dan wawancara. Observasi dilakukan terhadap 15 anak sebelum dan sesudah penerapan sistem penghargaan, sementara wawancara dilakukan dengan guru dan kepala sekolah untuk menilai efektivitasnya. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengevaluasi perubahan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan setelah pemberian penghargaan. Sebelum penerapan reward, banyak anak berada dalam kategori Belum Berkembang (BB) dan Mulai Berkembang (MB), dengan kesulitan dalam ketekunan, pemecahan masalah, dan kepercayaan diri. Setelah menerima penghargaan, sebagian besar anak menunjukkan kemajuan dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), dengan peningkatan dalam penyelesaian tugas, ketahanan, partisipasi kelas, dan kepercayaan diri. Penelitian ini menyoroti efektivitas sistem reward dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Guru dapat menerapkan metode ini untuk mendorong partisipasi aktif, namun perlu perencanaan agar penghargaan tidak menjadi satu-satunya faktor motivasi.    

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alathfal

Publisher

Subject

Arts Education Health Professions Other

Description

Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah penelitian, kajian dan analisis yang berkaitan dengan PAUD meliputi; pengembangan nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan artistik dan kreatif, ...