Penelitian ini menganalisis dampak pembelajaran berbasis hadiah, khususnya hadiah bintang, terhadap motivasi anak kelompok B3 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode observasi dan wawancara. Observasi dilakukan terhadap 15 anak sebelum dan sesudah penerapan sistem penghargaan, sementara wawancara dilakukan dengan guru dan kepala sekolah untuk menilai efektivitasnya. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengevaluasi perubahan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan setelah pemberian penghargaan. Sebelum penerapan reward, banyak anak berada dalam kategori Belum Berkembang (BB) dan Mulai Berkembang (MB), dengan kesulitan dalam ketekunan, pemecahan masalah, dan kepercayaan diri. Setelah menerima penghargaan, sebagian besar anak menunjukkan kemajuan dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), dengan peningkatan dalam penyelesaian tugas, ketahanan, partisipasi kelas, dan kepercayaan diri. Penelitian ini menyoroti efektivitas sistem reward dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Guru dapat menerapkan metode ini untuk mendorong partisipasi aktif, namun perlu perencanaan agar penghargaan tidak menjadi satu-satunya faktor motivasi.
Copyrights © 2025