Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 8 No. 1 (2025): IDIOMATIK: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pengaruh Pemanfaatan Reading Corner terhadap Literasi Membaca Siswa Kelas Tinggi Di UPT SD Negeri 3 Watang Sidenreng

Rachman, Beddu Hidayat (Unknown)
Kasman, Nuraeni (Unknown)
Aswadi (Unknown)
Rasyid, Rustam Efendy (Unknown)
Yusmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan Reading Corner terhadap kemampuan literasi membaca siswa kelas tinggi di UPT SD Negeri 3 Watang Sidenreng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di sekolah tersebut yang berjumlah 131 orang, dengan sampel sebanyak 49 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif, uji homogenitas, dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Reading Corner berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi uji t-test sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan rata-rata kemampuan membaca antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata (mean) post-test kelompok eksperimen sebesar 86,00 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang sebesar 72,08. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis alternatif (Ha) diterima, yaitu terdapat pengaruh pemanfaatan Reading Corner terhadap minat dan kemampuan membaca siswa, sementara hipotesis nol (Ho) ditolak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

idiomatik

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Idiomatik adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muslim Maros. Diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan ...