Gawi: Journal of Action Research
Vol. 2 No. 2 (2022)

Mengembangkan Aspek Kognitif Mengenal Lambang Bilangan dengan Model Make A Match, Numbered Head Together, dan Media Papan Flanel

Munawarah, Raudatul (Unknown)
Noorhafizah, Noorhafizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Permasalahan yang diangkat dari studi ini adalah belum adanya perkembangan aspek kognitif pada anak dalam memahami lambang bilangan. Hal tersebut disebabkan anak belum bisa fokus, anak mudah bosan, anak tidak tertarik, anak lebih pendiam karena kurangnya stimulus, kegiatan pembelajaran yang dilakukan kurang beragam dan bervariatif, sehingga upaya pemecahan masalah menggunakan kombinasi model Make A Match, Numbered Head Together dan media papan flanel. Studi ini bertujuan untuk mengembangkan kegiatan guru dan anak dalam mencapai hasil perkembangan kognitif anak untuk mengenal lambang bilangan. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi penilaian perkembangan kognitif. Hasil studi ini mengindikasikan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dikategorikan baik dengan skor 18, dan pada pertemuan 3 dikategorikan sangat baik dengan skor 24. Aktivitas anak pada pertemuan pertama dengan persentase 45% yang termasuk dalam kategori cukup aktif dan pada pertemuan ketiga aktivitas anak dinyatakan berkembang dengan persentse 99% yang termasuk dalam kategori sangat aktif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gawi

Publisher

Subject

Education

Description

Gawi: Journal of Action Research focused on scientific research with action in the educational environment. This journal is published twice a year. We have accepted any article with the scope of action research in any scientific ...