Ashlach : Journal of Islamic Education
Vol. 2 No. 2 (2024): Ashlach : Journal of Islamic Education (Oktober)

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Melalui Game-Based Learning Berbasis Wordwall

suadi, suadi (Unknown)
usmania, arinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Pendidikan modern menuntut inovasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis yang sering dianggap monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Game-Based Learning (GBL) berbasis Wordwall untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati dan mendeskripsikan respon siswa terhadap implementasi game based learning berbasis wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan survei terhadap 25 siswa. Langkah implementasi GBL meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dengan aktivitas kuis interaktif berbasis Wordwall, serta evaluasi melalui tugas pilihan ganda dan esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96% siswa merasa senang dan termotivasi dengan metode ini. Mereka menganggap pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami. Selain itu, 96% siswa juga merasa lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. Respon siswa mengindikasikan bahwa unsur kompetisi dan interaktivitas dalam permainan Wordwall mampu meningkatkan fokus, keterlibatan, dan daya ingat siswa terhadap materi. Namun, ada sebagian kecil siswa yang kurang percaya diri dalam menjawab pertanyaan. Secara keseluruhan, metode GBL berbasis Wordwall terbukti efektif meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Temuan ini diharapkan menjadi referensi bagi para pendidik untuk mengembangkan metode pembelajaran berbasis teknologi yang lebih efektif dan menyenangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ashlach

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Ashlach : Journal of Islamic Education (p-ISSN: 2988-1277, e-ISSN: 2988-1285) is a biannually published journal in April and October. This journal was published by Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan Indonesia. This journal is intended as a vehicle ...