Pendidikan modern menuntut inovasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis yang sering dianggap monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Game-Based Learning (GBL) berbasis Wordwall untuk meningkatkan motivasi siswa kelas VIII di MTs Sunan Gunung Jati dan mendeskripsikan respon siswa terhadap implementasi game based learning berbasis wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan survei terhadap 25 siswa. Langkah implementasi GBL meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dengan aktivitas kuis interaktif berbasis Wordwall, serta evaluasi melalui tugas pilihan ganda dan esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96% siswa merasa senang dan termotivasi dengan metode ini. Mereka menganggap pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan mudah dipahami. Selain itu, 96% siswa juga merasa lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. Respon siswa mengindikasikan bahwa unsur kompetisi dan interaktivitas dalam permainan Wordwall mampu meningkatkan fokus, keterlibatan, dan daya ingat siswa terhadap materi. Namun, ada sebagian kecil siswa yang kurang percaya diri dalam menjawab pertanyaan. Secara keseluruhan, metode GBL berbasis Wordwall terbukti efektif meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Temuan ini diharapkan menjadi referensi bagi para pendidik untuk mengembangkan metode pembelajaran berbasis teknologi yang lebih efektif dan menyenangkan.
Copyrights © 2024