Pendekatan Project Based Learning (PjBL) merupakan inovasi dalam pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk aktif, bereksperimen, dan menemukan prinsip belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan implementasi model PjBL dalam pembelajaran Fiqih untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VII di MTs Negeri Kota Pasuruan; dan (2) Mengetahui bentuk kreativitas siswa melalui penerapan model tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer berasal dari guru fiqih dan siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PjBL dilaksanakan melalui tiga tahap utama: perencanaan, pelaksanaan (kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup), serta evaluasi. Model ini terbukti mendorong kreativitas belajar siswa, seperti kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, kerja sama kelompok, serta menghasilkan ide-ide inovatif. Secara keseluruhan, penerapan PjBL dalam mata pelajaran Fiqih memberikan dampak positif terhadap peningkatan kreativitas siswa dan menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan bermakna.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024