Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Lekok, Pasuruan. Permasalahan rendahnya minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran SKI mendorong perlunya inovasi dalam pendekatan pembelajaran. Melalui penerapan model TGT yang berbasis permainan dan kerja sama kelompok, siswa didorong untuk lebih aktif, kompetitif, dan bertanggung jawab dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan evaluasi pembelajaran. Hasil menunjukkan bahwa model TGT efektif dalam meningkatkan antusiasme siswa, memperkuat interaksi sosial, serta meningkatkan hasil belajar secara signifikan. Siswa lebih tertarik mengikuti pelajaran, bersemangat menjawab soal, dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Adanya sistem reward juga menjadi motivasi tambahan yang mendorong partisipasi aktif siswa. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan waktu dan pengelolaan kelompok, faktor pendukung seperti kesiapan guru, sarana prasarana yang memadai, dan antusiasme siswa turut mendukung keberhasilan implementasi model ini. Dengan demikian, model TGT terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan efektif
Copyrights © 2024