Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Learning Management System sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII A SMP Islam Al-Azhar 52 Kota Bengkulu serta mengidentifikasi keunggulan-keunggulan Learning Management System dalam mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VII A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Learning Management System telah diimplementasikan dengan cukup baik sebagai media pembelajaran. Guru memanfaatkan Learning Management System untuk menyampaikan materi, memberikan tugas, serta berinteraksi melalui fitur diskusi. Adapun keunggulan Learning Management System yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain fleksibilitas waktu dan tempat, kemudahan akses terhadap materi ajar, peningkatan partisipasi peserta didik, dan efisiensi dalam pengelolaan administrasi pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan Learning Management System terbukti mendukung peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP, khususnya dalam konteks digitalisasi pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025