Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2025)

Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Toleransi Antar Siswa Beda Agama Di Tingkat SMP

Rizqi, Muhammad (Unknown)
Norhidayani, Norhidayani (Unknown)
Permata, Aprilia Rizqi (Unknown)
Putra, Aulia Pratama (Unknown)
Ansari , Muhammad Redha (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Artikel ini membahas upaya penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal sebagai sarana meningkatkan sikap toleransi di kalangan siswa SMP yang berasal dari latar belakang agama berbeda. Dengan pendekatan kajian literatur, penulis mengulas beragam penelitian dan teori terkait penerapan nilai-nilai budaya lokal, seperti gotong royong, musyawarah, dan sikap saling menghormati, dalam lingkungan pendidikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengintegrasian nilai-nilai tersebut ke dalam kegiatan pembelajaran, budaya sekolah, serta aktivitas ekstrakurikuler berbasis seni dan tradisi lokal, mampu menciptakan suasana yang inklusif dan harmonis di sekolah. Selain itu, strategi pemanfaatan teknologi digital dan keterlibatan aktif seluruh warga sekolah serta masyarakat turut memperkuat terciptanya lingkungan yang saling menghargai perbedaan. Temuan ini menegaskan bahwa pendidikan karakter berbasis kearifan lokal tidak hanya membentuk identitas dan kepribadian siswa, tetapi juga efektif dalam mencegah terjadinya konflik serta diskriminasi antar siswa berlatar belakang agama berbeda. Dengan demikian, penerapan pendidikan karakter yang mengedepankan nilai-nilai lokal sangat penting dalam membangun generasi muda yang toleran, beretika, dan mampu menjaga persatuan dalam keberagaman masyarakat Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...