Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat siswa kelas khusus olahraga (KKO) terhadap pembelajaran Informatika, khususnya pada materi APP Inventor dalam pengembangan proyek aplikasi kalkulator. Penelitian dilakukan di kelas XI F KKO SMA Negeri 4 Surakarta dengan melibatkan 25 siswa sebagai responden. Metode yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner yang dirancang untuk mengukur aspek-aspek minat belajar seperti kesenangan, ketertarikan, kepuasan, motivasi, keinginan, dan keingintahuan. Selain itu, observasi dan wawancara dengan guru juga dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Hasil analisis data menunjukkan bahwa mayoritas siswa (68%) berada dalam kategori "Cukup Berminat", sementara 20% siswa berada dalam kategori "Berminat" dan 12% siswa berada dalam kategori "Tidak Berminat". Tidak ada siswa yang masuk dalam kategori "Sangat Berminat" atau "Sangat Tidak Berminat". Rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran Informatika di kelas khusus olahraga disebabkan oleh tingginya frekuensi absen siswa yang harus mengikuti latihan olahraga dan kebutuhan akan peran guru yang lebih besar dalam mengajar kelas khusus olahraga. Oleh karena itu, diperlukan strategi pengajaran yang lebih interaktif dan relevan dengan minat serta kebutuhan siswa KKO untuk meningkatkan keterlibatan dan minat mereka dalam pembelajaran Informatika. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun ada minat yang cukup tinggi terhadap materi APP Inventor, terdapat tantangan yang signifikan dalam menarik minat semua siswa di kelas khusus olahraga, sehingga memerlukan upaya lebih lanjut untuk mengembangkan strategi pengajaran yang efektif.
Copyrights © 2024