Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation
Vol 2 No 02 (2024): Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation: December

Analisis Minat Siswa Kelas Khusus Olahraga F11 terhadap Pembelajaran Informatika pada Materi App Inventor dalam Pengembangan Projek Aplikasi Kalkulator di SMA Negeri 4 Surakarta

Widhi, Anas Wahyuning (Unknown)
Maryono, Dwi (Unknown)
Waskito, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat siswa kelas khusus olahraga (KKO) terhadap pembelajaran Informatika, khususnya pada materi APP Inventor dalam pengembangan proyek aplikasi kalkulator. Penelitian dilakukan di kelas XI F KKO SMA Negeri 4 Surakarta dengan melibatkan 25 siswa sebagai responden. Metode yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner yang dirancang untuk mengukur aspek-aspek minat belajar seperti kesenangan, ketertarikan, kepuasan, motivasi, keinginan, dan keingintahuan. Selain itu, observasi dan wawancara dengan guru juga dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Hasil analisis data menunjukkan bahwa mayoritas siswa (68%) berada dalam kategori "Cukup Berminat", sementara 20% siswa berada dalam kategori "Berminat" dan 12% siswa berada dalam kategori "Tidak Berminat". Tidak ada siswa yang masuk dalam kategori "Sangat Berminat" atau "Sangat Tidak Berminat". Rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran Informatika di kelas khusus olahraga disebabkan oleh tingginya frekuensi absen siswa yang harus mengikuti latihan olahraga dan kebutuhan akan peran guru yang lebih besar dalam mengajar kelas khusus olahraga. Oleh karena itu, diperlukan strategi pengajaran yang lebih interaktif dan relevan dengan minat serta kebutuhan siswa KKO untuk meningkatkan keterlibatan dan minat mereka dalam pembelajaran Informatika. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun ada minat yang cukup tinggi terhadap materi APP Inventor, terdapat tantangan yang signifikan dalam menarik minat semua siswa di kelas khusus olahraga, sehingga memerlukan upaya lebih lanjut untuk mengembangkan strategi pengajaran yang efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijolii

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation is peer reviewed journal of educational technology research which publishes reviews, analysis, dan empirical research on designing, developing, managing, utilizing and evaluating educational Technology to facilitating learning and improving ...