Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2025)

Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII.6 Fase D di MTsN 2 Pesisir Selatan

Putri, Amelia (Unknown)
Yunita, Alfi (Unknown)
Mardiyah, Ainil (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII.6 MTsN 2 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desaian penelitian Pre Eksperimental Design dengan bentuk desainnnya One-Grup Pre-Test & Post-Test pada satu kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 2 Pesisir Selatan. Dipilih kelas VIII.6 sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test berbentuk essay sebanyak 4 butir soal. Analisis data yang digunakan adalah pengujian hipotesis uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan analisis data dari uji hipotesis diperoleh  dan  = 1,70 dengan taraf nyata  , karena  maka  ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII.6 MTsN 2 Pesisir Selatan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...