Penelitian ini membahas bagaimana institusi pendidikan Islam berinovasi dalam manajemennya di era industri ini. Fokus utama terletak pada digitalisasi dalam manajemen sebagai strategi efektif untuk menyesuaikan diri dengan cepatnya arus globalisasi dan kemajuan teknologi. Tujuan utamanya adalah untuk menemukan strategi inovatif dalam pengelolaan lembaga pendidikan yang berlandaskan Islam melalui pemanfaatan teknologi digital. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode studi kasus di beberapa madrasah dan pesantren yang telah menerapkan sistem manajemen digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digital dalam manajemen administrasi, proses belajar mengajar, serta interaksi dengan masyarakat memberikan dampak positif terhadap efektivitas, efisiensi, dan transparansi pengelolaan institusi. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa transformasi digital menjadi suatu kebutuhan mendesak dalam pengelolaan pendidikan Islam di era saat ini
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025