Inovasi kurikulum merupakan kebutuhan mendesak dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk menjawab tantangan zaman dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Tulisan ini menganalisis proses inovasi kurikulum PAI melalui tiga tahap utama: difusi, diseminasi, dan proses keputusan inovasi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa difusi inovasi melibatkan tahapan pengetahuan, persuasi, keputusan, implementasi, dan konfirmasi. Diseminasi inovasi memerlukan strategi seperti workshop, seminar, dan publikasi best practices. Proses keputusan inovasi dipengaruhi oleh faktor kebutuhan, manfaat, dan kesiapan stakeholders. Tulisan ini juga memberikan contoh inovasi kurikulum PAI, seperti integrasi teknologi dan kurikulum berbasis proyek, serta implikasinya terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025