Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kendala serta tantangan yang dihadapi oleh guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di UPT SD Negeri 064995 Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsti dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi lapangan dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami berbagai kendala, di antaranya adalah keterbatasan pemahaman Guru terhadap Kurikulum Merdeka, keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran IPA, kesulitan dalam pengimplementasian model pembelajaran PBL, pelaksanaan asesmen formatif yang belum optimal dan kurangnya pendampingan serta pelatihan berkelanjutan. Selain itu adapun tantangan yang dihadapi di UPT SD Negeri 064995 Medan adalah adanya perubahan paradigma pembelajaran, merancang modul ajar IPA, Penerapan pembelajaran IPA yang aktif dan eksploratif. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan yang kontekstual, pengadaan fasilitas sederhana untuk eksperimen IPA, dan penguatan kolaborasi antar pemangku kepentingan sekolah. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi dinas pendidikan dalam merancang kebijakan pendukung Kurikulum Merdeka di sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran IPA.
Copyrights © 2025